Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Kelulusan Siswa Sekolah Online

Setahun sudah pandemi Covid-19 membayangi dunia, tak terkecuali Indonesia. Virus Corona telah menginfeksi jutaan orang. Per tanggal postingan ini telah indonesia tekonfirmasi covid-19 sebanyak 1.703.632 orang yang terinfeksi, sedangkan dikabupaten saya di kabupaten sambas 350 orang.


Wabah korona ini telah menyadarkan banyak orang Indonesia untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi sebagai cara “bertahan hidup”. Pandemi Covid-19 mempercepat kita beradaptasi dengan Revolusi Industri 4.0. Coronavirus disease telah membawa kita memasuki “normal baru”. Termasuk cara berpikir baru.

Dunia pendidikan dituntut untuk terus mencegah klaster keluarga, guru dan siswa dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Di samping itu juga, kegiatan proses belajar mengajar, administrasi sekolah dipaksa mengikuti teknologi untuk menyesuaikan dengan keadaan sekarang.

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan pihak sekolah, yaitu para siswa hadir dengan memenuhi standar protokol kesehatan atau siswa/ orang tua tidak perlu hadir kesekolah hanya perlu mengakses gadget mereka.

Hal kecil pada akhir sekolah adalah pengumuman kelulusan siswa. Dimana sebelum pandemi, siswa datang ke sekolah untuk mengetahui kelulusan mereka tapi saat sekarang tidak lagi memungkinkan untuk menghadirkan siswa ke sekolah.

Aplikasi ini bisa menjawab sebagian kecil kebutuhan sekolah untuk meminimalisir timbulnya klaster baru, serta mempercepat siswa untuk mengetahui kelulusannya hanya melalui gadget mereka dan mempunyai akses internet.

Kurang lebih alurnya seperti ini sekolah tidak perlu mengundang siswanya kesekolah untuk mengambil surat kelulusan, sekolah hanya perlu menginput data siswa lulus di aplikasi ini dan memberitahu link pengecekan kelulusan ke siswa. setelah dicek siswa, nanti siswa bisa langsung mendapatkan surat keputusan kelulusan dengan cara mengunduhnya lewat aplikasi.

Silahkan klik demo aplikasi, akses di https://kelulusan.mtsdarussalamkotabogor.sch.id/

berikut tampilan aplikasi jika di akses dari siswa :

1. buka url aplikasi, klik lihat kelulusan

 

2. jika belum masuk periode pengumuman kelulusan, akan tampil hitung mundur tanggal pengumuman kelulusan


3. jika sudah dibuka periode pengumuman kelulusan maka tinggal masukkan NISN, contoh 123456, klik cek kelulusan

 

4. pada tahap ini dapat dilihat siswa tersebut lulus atau tidak lulus, jika ingin mencetak suratnya klik cetak


5. siswa dapat mencetak surat tersebut, dan surat tersebut telah ditandatangani secara digital oleh kepala sekolah

berikut akses dari halaman admin sekolah

1. Klik Login Admin pada pojok kanan atas, login menggunakan username dan password demo :
username : admin
password : 123



2. pada halaman admin, klik menu Data Siswa untuk melihat keseluruhan data siswa



3. menambahkan data siswa, klik tambah, isi data, kemudian simpan



4. untuk meluluskan siswa, klik menu status kelulusan, pilih status kelulusan, Lulus atau Tidak Lulus.



Demikian penjabaran dari aplikasi kelulusan siswa sekolah ini. Silahkan komentar di kolom komentar dibawah, jika ada pertanyaan lebih lanjut. atau jika ingin komunikasi lebih cepat silahkan hubungi saya.

Klik Download

Post a Comment for "Aplikasi Kelulusan Siswa Sekolah Online"