Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi SIAKAD Mahasiswa IAIS Sambas

SIAKAD adalah aplikasi wajib bagi perguruan tinggi, singkatan dari Sistem Informasi Akademik ini merupakan aplikasi berbasis web yang di rancang untuk menangani proses dalam pengelolaan data akademik secara menyeluruh bagi sivitas akademika, dosen, mahasiswa, serta seluruh unsur-unsur yang terkait dengan perguruan tinggi tersebut. Sehingga seluruh proses pengelolaan akademik akan menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi manajemen ataupun pengambilan keputusan serta pelaporan di lingkungan perguruan tinggi.  

Di kampus Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas (IAIS Sambas), pengadministrasian akademik sebelum SIAKAD diterapkan sekarang yaitu menggunakan cara manual, dimana banyak permasalahan yang muncul diantaranya sering terjadi kesalahan data, nilai tidak dapat disajikan secara realtime untuk mahasiswa, masing-masing program studi dengan format nilai beda-beda dan banyak lagi permasalahan lainnya.

SIAKAD IAIS Sambas mulai dirancang dan dibuat pada awal tahun 2019 oleh pihak kampus itu sendiri, dan mulai diterapkan untuk mahasiswa baru yaitu tahun akademik 2019/2020. Hingga sekarang kurang lebih sudah 2 tahun penggunaan siakad di lingkungan iais sambas, dan sudah hampir seluruh mahasiswa telah tersinkron ke dalam siakad ini.

Apa Kelebihan Menggunakan SIAKAD?

Ada banyak kelebihan dari penggunaan siakad, diantaranya adalah :

  • Dapat diakses dimanapun kapanpun, selagi masih ada akses internet.
  • Bagi lembaga pendidikan, proses pengolahan administrasi akademik dikerjakan dengan bantuan sistem basis data dengan harapan mampu mengefektifkan waktu.
  • Bagi program studi, mampu membantu dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, serta administrasi fakultas / program studi.
  • Bagi mahasiswa, membantu mahasiswa untuk melihat nilai tanpa harus datang kekampus, nilai juga dapat terlihat secara realtime, kartu ujian dapat langsung dicetak sendiri, dan lain sebagainya.


Akses SIAKAD?

SIAKAD Mahasiswa IAIS Sambas dibuat khusus untuk mahasiswa iais sambas, jika belum punya akses ke siakad, silahkan baca Cara Mendapatkan Akses SIAKAD IAIS Sambas setelah mendapatkan akses ke siakad, silahkan akses melalui Portal Aplikasi IAIS Sambas

 


Terdapat beberapa fungsi menu pada SIAKAD IAIS Sambas khusus mahasiswa yang wajib diketahui, sebagai berikut :

Update Profil Mahasiswa

 

Pada menu ini, Mahasiswa diwajibkan melakukan update data sesuai ktp elektronik, mengupload file pdf kartu keluarga, file pdf ktp, file pdf ijazah terakhir, file jpg foto.
Data yang diupdate harus yang sebenar-benarnya, karena data siakad akan digunakan untuk administrasi di iais sambas, hingga sampai dengan proses pencetakan ijazah akan menggunakan data di siakad ini.

Mengisi History Pembayaran

 


Seluruh mahasiswa wajib menambahkan setiap transaksi pembayaran, agar mudah dilakukan pelacakan riwayat pembayaran, baik itu pembayaran daftar ulang, pembayaran spp semester awal hingga semester akhir, pembayaran seminar proposal, pembayaran tugas akhir/ skripsi, dll.


Menambahkan pembayaran dengan cara : 

- klik menu pembayaran
- klik tambah
- klik upload file foto slip pembayaran
Setiap pembayaran yang ditambahkan pada menu ini, akan diverifikasi oleh bendahara iais sambas terlebih dahulu sebelum dinyatakan valid.


Mengisi Rencana Studi

 

Rencana studi wajib diisi mahasiswa pada setiap awal semester, pada menu ini jika status mahasiswa belum membayar spp atau membayar spp tapi belum lunas maka rencana studi tidak bisa ditambahkan. Jika sudah lunas, dapat menginput rencana studi.

 


Dengan cara :
- pilih menu rencana studi
- tambah rencana studi, tambahkan mata kuliah dan dosen pengampu sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh program studi.
- cetak rencana studi

 


Rencana studi dicetak 2 lembar, kemudian wajib ditandatangani oleh dosen pembimbing akademik, dan atau tandatangan digital oleh dosen pembimbing akademik


Mencetak Kartu Ujian

 


Syarat mencetak kartu ujian tengah semester dan kartu ujian akhir semester adalah telah mengisi rencana studi, jika tidak mengisi rencana studi maka kartu ujian tidak akan bisa dicetak. cetak kartu ujian dengan cara :
- pilih menu kartu ujian, pilih salah satu kartu ujian yang akan dicetak, Kartu Ujian Tengah Semester dan atau kartu ujian akhir semester

kartu ujian ini telah terintegrasi dengan siakad, tidak bisa dipalsukan, dan setiap pemalsuan kartu ujian akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


Melihat Hasil Studi

 


Setelah ujian tengah semester ataupun ujian akhir semester, hasil studi dapat langsung dilihat oleh mahasiswa tanpa perlu melihatnya lagi dipapan pengumuman kampus ketika masing-masing dosen pengampu telah menginput nilai mahasiswa di siakad, setelah itu mahasiswa dapat mencetaknya langsung hasil studi tersebut dari siakad. untuk pengesahannya perlu tanda tangan basah dekan dan ketua program studi. 

 


Untuk pencetakan hasil studi dengan cara :
- pilih menu hasil studi
- pilih semester, klik preview
- silahkan cetak hasil studi


Mencetak Transkrip Nilai

 


Untuk menampilkan keseluruhan nilai dari semester awal hingga semester akhir ada di menu transkrip nilai. transkrip nilai ini bersifat sementara, karena versi final akan dikeluarkan oleh biro auak iais sambas. 

 


Pencetakan transkrip nilai dengan cara :
- pilih menu transkrip nilai
- klik cetak

Demikian penjabaran dari Cara Mengisi SIAKAD Mahasiswa IAIS Sambas, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan hubungi Biro Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas.



Post a Comment for "Cara Mengisi SIAKAD Mahasiswa IAIS Sambas"