Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Surat Versi 3.0 ( Surat Masuk dan Surat Keluar )



Pentingnya sebuah perubahan dalam pengelolaan data pada saat sekarang menjadikan proses pekerjaan menjadi lebih cepat karena beralih dari cara kerja manual ke aplikasi yang tersistem dengan baik.

Pengadilan agama tak luput akan perubahan cara kerja tersebut, dimana sebelum adanya aplikasi ini, di beberapa pengadilan agama masih menggunakan cara manual, setiap surat masuk, surat keluar, disposisi dan pengarsipan berkas surat hingga ke perekapan jumlah surat masuk dan surat keluar dilakukan secara manual serta tulis tangan.

Kendala yang dihadapi saat menggunakan manual adalah pada waktu pencarian data surat dan arsip surat harus membutuhkan waktu yang sangat lama jika surat yang terdata sudah banyak. Lain halnya jika sudah tersistem, hanya perlu hitungan detik sudah mendapatkan arsip surat tersebut.

Itulah mengapa menjadi penting jika cara kerja juga harus berubah, untuk mengefektifkan waktu pencarian, pengarsipan dapat terdata dengan baik, perekapan surat juga dapat diketahui secara cepat.

Aplikasi Surat versi 3.0 ini menjawab semua kebutuhan itu. Aplikasi ini berbeda dari versi sebelumnya, karena didalam versi ini dilakukan banyak perubahan baik dari struktur pemograman yang dibuat ulang hingga struktur database, dengan tujuan agar lebih mudah untuk dikembangkan ke versi-versi berikutnya.

Fitur yang tersedia pada versi ini sebagian masih sama seperti pada versi pendahulunya, tapi ada beberapa dilakukan penambahan serta pengurangan untuk menyesuaikan pada sistem yang berjalan di Pengadilan Agama.

Berikut beberapa tampilan aplikasi surat ini :

- Form Data Surat Keluar

Semua surat keluar akan tampil di form ini, kalian bisa menjadi data surat secara cepat, serta mencari arsip dengan cepat juga.



- Tampilan Lembar Kendali dan Lembar Disposisi
Lembar kendali dan lembar disposisi akan terisi otomatis oleh sistem ketika di pratinjau, lembar kendali dan lembar disposisi ini langsung bisa dicetak ke printer

 









- Tampilan Data Surat Masuk




Grafik Surat Masuk
Laporan : Buku Induk Surat Keluar

Buku Induk Surat Keluar Export Ke Excel


Aplikasi ini dapat melakukan sinkron data ke website sehingga statistik surat masuk dan keluar dapat terlihat pada website pengadilan.

Sinkron ke web

Hasil sinkron aplikasi ke website pengadilan


Petunjuk Penginstalan/Update Aplikasi : DOWNLOAD

SURATAPP v3.0 (13.09.2016) - DOWNLOAD 

UPDATE SURATAPP v3.1 (20.09.2016) - DOWNLOAD
UPDATE SURATAPP v3.2 (26.09.2016) - DOWNLOAD
UPDATE SURATAPP v3.3 (27.10.2016) - DOWNLOAD

Pengembangan aplikasi surat versi 3.0 dihentikan, dan dilanjutkan pengembangan aplikasi surat versi 4.0 khusus untuk pengadilan agama, kunjungi url berikut https://www.irhas.web.id/2017/04/aplikasi-surat-masuk-dan-surat-keluar.html

 

*Update : 

Saya melakukan jajak pendapat aplikasi apa yang paling diperlukan oleh kawan-kawan, silahkan isi komentar di https://www.irhas.web.id/2021/05/aplikasi-gratis-sesuai-permintaan-anda.html aplikasi yang paling banyak dibutuhkan, nanti jika ada kesempatan akan saya build.

42 comments for "Aplikasi Surat Versi 3.0 ( Surat Masuk dan Surat Keluar )"

  1. Replies
    1. silahkan baca file "README"nya yaa gan :D

      Delete
  2. Replies
    1. silahkan download gan,, link download udah diperbaiki.. :D

      Delete
  3. kok gak bisa dijalanin ya gan, apa harus office 2010 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apanya yang gak bisa gan? udah sesuai step penginstalan aplikasi?

      Delete
  4. Bisa jalan, tapi kalau merubah data yang ada (kode dan lainnya bagaimana ? lewat mana?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, kode klasifikasi ya gan? kode klasifikasi tidak bisa diubah atau ditambah atau dihapus, karena sudah sesuai Buku I Pola Klasifikasi Surat MARI..
      kalo kode satker, dari menu referensi :D

      Delete
  5. kak, boleh minta source code nya gak ? pake vb6 kan ini ?

    ReplyDelete
  6. jika pindah pc atau laptob databasenya apa bisa juga di pindah mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pak, baca petunjuknya :D sudah disertakan didalam aplikasi. :D

      Delete
  7. Aplikasi ni kan settingan untuk pengadilan ya pak?semisal untuk instasi lain apa bisa di ubah?terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan kontak via WA pak :D terima kasih

      Delete
    2. WA anda brpa kak,,?
      kirim ke email aku aja andika_ojan@yahoo.com

      Delete
  8. mantabs Gan, tp ini bisa dipakai di semua instansi? krn biasanya ada penggunaan kop surat sebagai nomenklaturnya..

    tengkyu pencerahannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan, format surat dan reportnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. :D bisa kontak saya via WA untuk penjelasan lebih lanjut.. :D

      Delete
  9. bang bisa bagi source code nya?

    kalau bisa email yah bang richorooroh12@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Gan, klo masalah Error run time 94. gimana cara pemecahanx?

    ReplyDelete
  11. wa mas irhas brp ya ... aminillah@gmail.com

    ReplyDelete
  12. cara menjalankan file file mysqlinstall.bat (harus dengan Run Administrator)gimana ya

    ReplyDelete
  13. Bang Irhas Minta Paswort y donkkk kita dari PENGADILAN NEGERI BARABAI,,,KIRIM email ke yandykumbangsilau@mail.com ya bang,,, mksih,,,siapa tahu mau berbagi sesama warga Pengadilan,,,

    ReplyDelete
  14. gmna cara menambah klasifikasi surat mas irhas,,,kasih saran dongg

    ReplyDelete
  15. Terima kasih aplikasix. Sdh terinstall lancar. Lebih bagus kalau ada petunjuk pemakaianx (tutorial). Kami di PA Watampone ingin sekali menerapkan aplikasi ini. Mohon bantuannya, bos.
    Siapa tau mau berbagai sesama warga Badilag.

    ReplyDelete
  16. pak boleh minta source code nya ? buat belajar

    ReplyDelete
  17. mas, kode surat kok ng bsaa di ganti?

    ReplyDelete
  18. tidak bisa langsung tampil previewnya pas dicetak pak ya?
    saya sudah instal sesuai petunjuk pak

    ReplyDelete
  19. gan tolong error run time itu gimana?

    ReplyDelete
  20. mas boleh minta source code programnya tidak ?untuk pembelajaran kirim ke sugionokakek11@gmail.com

    ReplyDelete
  21. om bisa minta no WA nya? mau saya pakai utk instansi lain di kantor saya utk digunakan di divisi saya

    ReplyDelete
  22. kakak bisa minta no WA nya,,maunya nih gmn caranya ganti nama instansinya dri pengadilan agama , jadi punya kita,,makasih kaka,,email sya :andika_ojan@yahoo.com

    ReplyDelete
  23. bsa minta nomor WA-nya Pak? agungjuari86@gmail..com

    ReplyDelete
  24. Bisa Minta No WA nya Mas. Sya mau gunakan untuk kantor sya, tapi masih perlu penyesuaian isi Tab nya, tlg ya diKirim ke email saya dickrelies@gmail.com Terima Kasih

    ReplyDelete
  25. apakah surat menyurat untuk desa ada?

    ReplyDelete
  26. Izin menggunakannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Izin Menggunakan, terima kasih.
    cara merubah klasifikasi surat bagaimana?

    ReplyDelete
  28. Serta cara merubah alamat, nama kepala dan lain lain

    ReplyDelete
  29. mas ini app gratis apa bayar ya ? hehehehehe

    ReplyDelete
  30. terima kasih ya gan... semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  31. pak untuk mengganti PENGADILAN AGAMA SAMBAS bisa di kirim ke w ya mas ini email sayapemdestiwet20@gmail.com

    ReplyDelete